Langsung ke konten utama

Ulasan Singkat Perihal Hasil Debat Pilpres 2019 Perdana yang Baru Saja Usai


Beberapa waktu lalu, Debat Pilpres 2019 Perdana telah tersaji dengan alot antara dua Calon Presiden Indonesia dan juga dua Calon Wakil Presiden. Pemaparan mengenai visi maupun misi dari dua kandidat utama ini terlihat penuh meyakinkan dan penuh tujuan yang jelas.

Seperti yang biasa terjadi pada dua Calon Presiden yang sedang berdebat, lantas media sosial pun ramai dengan twit-twit atau obrolan singkat dalam link streaming, mengenai kelebihan dari Calon yang mereka dukung.
Source : Tribunnews

Beberapa ada yang kagum dengan amat sangat, ketika Bapak Jokowi mulai memaparkan visi maupun misinya yang jelas. Sampai akhirnya, ketika pemaparan tersebut berhenti (atau lebih tepatnya dihentikan karena waktu sudah habis), komentar-komentar dari para pendukung Bapak Prabowo pun bercuit :

'Wah, pakai teks nih. Nggak pede'

'Wah, kelebihan waktu nih. Baca salam saja salah'

'Wah, Pak Ma'ruf belum sempat ngomong loh, wah'

Dan lain-lain sebagainya.

Setelahnya, ketika giliran Bapak Prabowo yang memaparkan visi maupun misinya, banyak pendukung Prabowo yang heboh, mengenai masalah yang berbeda dengan apa yang sebelumnya telah dilakukan oleh Jokowi, yaitu masalah :

'Wah, nggak pake teks. Keren. Gagah sekali'

'Wah, tepat waktu'

Sampai akhirnya, para pendukung Jokowi pun tetap pada keyakinannya bahwa menurutnya pilihannya tersebut, yaitu Jokowi, tetap yang terbaik.

Hal ini tentu menjadi suatu fenomena yang wajar, perihal yang mendukung 'siapa', pasti akan tetap mendukung si siapa itu, masalah kesalahan atau apalah itu namanya, tetap urusan akhir.

Gitu ya kan ya?

Baca Juga : Menjelang Debat 1 Capres - Cawapres 2019 Tentang Hukum, HAM, Korupsi, dan Terorisme.

Ulasan Singkat Debat Pilpres 2019 Perdana Semalam


Sekali lagi, hal yang harus saya jabarkan adalah : Seru Parah.

Nggak tau lagi deh, kenapa Debat Pilpres 2019 ini terasa seru dan menarik aja gitu buat diikuti. Hal yang paling menarik tentu bagian balas-berbalas perihal opini dan pernyataannya gitu, seolah kayak saling serang yang teramat menarik ini menjadi penentu siapa yang bakal goyah terlebih dahulu.

Lantas, kira-kira momen seperti apa ya, yang menjadi hal menarik untuk saya pribadi?

Momen menarik saat Debat Pilpres 2019

1. Pak Ma'ruf yang Terkesan Pasif dalam Debat Pilpres 2019

Kalau misal kita tilik dan perhatikan lebih lanjut, Debat Pilpres 2019 tadi itu tuh, Bapak Ma'ruf Amin terkesan amat sangat pasif dan ragu untuk bicara. Entah karena memang penjabarannya sudah cukup jelas dari Bapak Jokowi, atau, ya mungkin beliau bingung ingin menanggapi apa.

Salah satu momen Debat Pilpres 2019 tentang kepasifan Bapak Ma'ruf Amin kemarin itu ya bagian dimana saat waktu masih banyak, dan Pak Jokowi sudah selesai memaparkan opininya lalu melempar ke Bapak Ma'ruf Amin, beliau justru hanya berkata :

'Tidak, sudah cukup. Saya mendukung Pak Jokowi'

Hal ini tentu menjadi 'bahan' tersendiri untuk para pendukung Prabowo - Sandi untuk menyerang pendukung Jokowi - Ma'ruf.

Yah, ya bagaimana ya? Di Debat Pilpres 2019 ini, salah dikit bisa jadi boomerang tersendiri kan ya?

2. Momen Saling Balas Tentang Pertanyaan Panelis di Debat Pilpres 2019

Source : Pikiran Rakyat

Jelas saja, di Debat Pilpres 2019 perdana tadi, momen paling seru adalah saat saling balasnya antara Bapak Prabowo dengan Bapak Jokowi. Momen awalnya tentu terjadi saat Pak Prabowo memaparkan tentang opininya mengenai hukum, yang kemudian langsung dielak oleh Pak Jokowi bahwa menurutnya bukan seperti itu. Sampai akhirnya, Pak Prabowo menanggapi di akhir dengan berucap :

'Saya kok, ngga lihat bedanya ya, Pak?'

yang langsung diiringi oleh sorak sorai pendukung Prabowo - Sandi di belakang.

Setelahnya, yaitu saat masalah HAM, Pak Jokowi memaparkan tentang opininya. Selesai berbicara, Pak Prabowo menanggapi perihal kenapa ada pendukungnya yang dikenai hukuman gara-gara mendukung dirinya, lalu beliau memaparkan kekecewaan masalah hukum HAM yang berjalan. Berbalas kemudian, Pak Jokowi kemudian memaparkan masalah Ratna Sarumpaet dengan bicara :

'Ya kalau kita bahas masalah HAM dan hukum, kita lihat deh, bagaimana dulu salah satu pihak Prabowo yang bilangnya digebukin, bukannya dilaporin, eh, malah bikin konferensi pers, ngga taunya, hadeuh operasi plastik'

yang kemudian langsung diiringi dengan tepuk tangan pendukung Jokowi.

Itu sih, yang bikin seru dari Debat Pilpres 2019 kemarin. Keren parah.

Baca juga : Debat Pilpres 2019 Perdana, Menilik Siapa Kandidat Tangguh yang Dapat Mengambil Hati Rakyat

3. Prabowo - Sandi Menjabarkan Tentang Pengalaman Nyata Saat Membalas Debat Pilpres 2019

Dari Debat Pilpres 2019 kemarin, kita bisa melihat bahwa dari Pasangan Calon nomer 2 lebih mengambil dari pengalaman nyata yang mereka dapatkan dari (mungkin) kampanye. Dari apa yang saya lihat kemarin, Bapak Sandi sangat sering memberi contoh untuk menjawab pertanyaan atau pendebatan dari Pak Jokowi dengan memaparkan kalimat seperti :

'Pak Anu, beliau Nelayan dari Kota A, mengeluhkan atas penghasilannya...'

'Pak Itu, teman kami yang menyandang Disabilitas, beliau berprestasi dan...'

Pokoknya begitu, deh.

Sulit untuk benar-benar menjabarkan tentang bagaimana serunya Debat Pilpres 2019 kemarin. Untuk masalah apakah pada Debat Pilpres 2019 ini nanti akan mengubah cara pandang dan dukungan pendukungnya kelak, ya belum tau.

Yang jelas, mari kita semua tetap menggunakan hak pilih kita sebaik mungkin.

Jangan golput ya, demi Indonesia yang lebih baik.

Yeyeye.

Komentar

  1. Yes jangan golputcitu intinya, pilihlah yg sesuai hati nurani, jangan pilih karena orangnya udah dikasi sembako atau duit, cmiiw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah benar sekali. Pokoknya jangan golput, atau memilih karena sogokan. Duuuuh, kasihan negara ini nanti jika salah pilih wkwkw :D

      Hapus
  2. Seru sih, aku juga lihat awal-awal doang, sambil ngetik kerjaan kanya... pengen tahu siapa yang lebih berkopeten mengurus negeri ini... dan sudah kuduga...

    gak salah pilih pah pokoknya pilihan tahun ini...

    BalasHapus
  3. Sy malah gk nntn, gk berminat sm sx. Krn sdh tw pd siapa sy hrs memilih. Tak perlu berujar, hanya perlu bukti. #realistis

    BalasHapus

Posting Komentar