Langsung ke konten utama

Hal Penting Mengenai Rekruitmen PPPK/P3K 2019

Pengumuman mengenai informasi rekruitmen PPPK/P3K akan dijabarkan secara gamblang oleh BKN pada sore ini, 8 Februari 2019 sekitar pukul 16.00 WIB. Ya, benar saja, pendaftaran pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK/P3K) 2019 tahap pertama akan dimulai pada hari ini.

Nantinya, seleksi jabatan dalam rekruitmen ini, atau yang lebih dikenal Pegawai Kontrak pemerintah, akan terintegrasi melalui portal nasional Sistem Seleksi Calon Aparatus Sipil Negawa Badan Kepegawaian Negara (SSCAN BKN).

Informasi ini bisa dibilang valid, karena telah dikatakan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Syafrudin, pada hari Kamis 2 Februari 2019 silam. Adapun proses pendaftaran ini pun nantinya akan difokuskan bagi para mantan tenaga honorer yang berasal dari berbagai macam bidang. Namun, untuk kali ini, tidak ada syarat pendaftaran yang mematok batasan umur. Semua bisa mendaftar, tapi dengan catatan, 1 tahun sebelum masa pensiun tiba.


Pertanyaannya, kira-kira apa saja ya yang akan menjadi rebutan oleh para pencari kerja dalam PPPK/P3K ini? nah, melalui kanal instagram BKN, saya pun sudah mendapatkan informasi mengenai hal ini. Oleh karena itu, disimak saja terus ya artikel ini.

Lowongan PPPK/P3K Tahap Pertama

Info Rekruitmen PPPK/P3K 2019

Hari ini, pendaftaran untuk rekruitmen PPPK/P3K sudah pasti akan dibuka. Namun, bidang-bidang yang sudah dipastikan bisa lowong untuk didaftar adalah pada bidang Tenaga Guru, Tenaga Kesehatan, Penyuluhan Pertanian, Dosen Perguruan Tinggi Negeri Baru, pun juga tenaga-tenaga teknis lain yang mana mereka terhalang dalam mendaftar CPNS/kerjaan lainnya karena faktor umur.

Nantinya, rekruitmen untuk PPPK/P3K ini secara serentak akan dibuka hingga tanggal 23 Februari 2019, di kanal : https://sscasn.bkn.go.id

Namun sebagai catatan, menurut apa yang sudah terposting pada feed instagram BKN, untuk posisi tenaga guru dan tenaga kesehatan, dikhususkan untuk eks tenaga honorer saja loh ya. Jadi, kemungkinan yang akan diprioritaskan adalah tenaga honorer. Sementara untuk penyuluhan pertanian dan Dosen, mari kita tunggu infonya di web sscasn nanti yak!

Proses Tes PPPK/P3K

Syarat Rekruitmen PPPK/P3K 2019

Sekedar untuk informasi tambahan, peralatan yang nanti digunakan untuk proses CAT (Computer Assisted Test (CAT) tidak hanya dari Badan Kepegawaian Negara, melainkan sebagian juga merupakan milik Kementerian Pendidkan dan Kebudayaan, sehingga, pemilihan waktu untuk prosesi tes nantinya juga akan sangat diperhitungkan secara matang oleh Kemenpan RB.

Hal ini tentu penting, karena pada tahun ini pula, tepatnya pada Bulan April 2019, Ujian Nasional akan dilaksanakan. Sehingga, pembagian waktu ini harus bisa dipikirkan secara matang dan jangan sampai ada bentrok pelaksanaan.

Begitu.

Baca Juga : Kiat Sukses Menghadapi Rekruitmen PPPK 2019

Pada intinya, Proses seleksi PPPK/P3K ini kelak akan sama seperti proses tes CPNS 2018 kemarin, yaitu melalui Ujian Berbasis Komputer secara transparan. Oleh karena itu, dipersiapkan matang-matang untuk tesnya nanti ya, apabila ada di antara kalian di sini yang berminat.

Semoga rezeki deh!

Hak-Hak yang Didapatkan Oleh ASN Jalur PPPK/P3K

Peserta Rekruitmen PPPK/P3K 2019

Nantinya, para ASN dari Jalur PPPK/P3K ini akan mendapatkan hak-hak dan fasilitas yang hampir sama dengan apa yang didapatkan oleh ASN CPNS. Fasilitas yang dimaksud tesebut itu pun mencakup jaminan hari tua, jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, jaminan kesehatan, dan juga bantuan hukum.

Bedanya PPPK/P3K dengan CPNS, ya hanya pada bagian jaminan pensiunan saja.

Nah, jadi, bagi siapa saja yang nanti berminat untuk mengikuti rekruitmen PPPK/P3K, langsung pantengin web sscasn.bkn.go.id saja ya, sekitar pukul 16.00 WIB nanti!

Semangat!

Kapan Rekruitmen PPPK/P3K 2019 Tahap Kedua?

Tips Rekruitmen PPPK/P3K 2019

Sebagaimana yang telah dijabarkan sebelumnya, untuk rekruitmen PPPK/P3K tahap pertama ini, kemungkinan besar hanya diprioritaskan untuk para tenaga honorer yang ingin bisa menjadi ASN. Tentu ini menjadi pertanyaan besar bagi warga umum yang ingin dapat ikut andil mengikuti PPPK/P3K.

Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, menurut informasi yang beredar, Rekruitmen PPPK/P3K untuk tahap kedua yang kemungkinan besar akan diperuntukkan secara umum, akan dilaksanakan pada Mei 2019 mendatang.

Jadi, siapa nih yang sudah tidak sabar untuk ikut andil?

Dipersiapkan secara matang ya!

Selamat mencoba




Komentar

  1. Info yg sangat lengkap. Trims mas

    BalasHapus
  2. Wah tanggal 23 februari yaa.. Asiik sebentar lagi. Semoga ada formasi yg sesuai, biar bs daftar. Hehe

    BalasHapus
  3. formasinya kehalang umur ga yahhh hehehe

    BalasHapus
  4. wah, kalau untuk umum bulan depan nih, mei.. bersiaplah kawan2..

    -Traveler Paruh Waktu

    BalasHapus

Posting Komentar