Langsung ke konten utama

Kenapa Google+ account is going away on April 2, 2019? Ini Alasannya

Google+
Google+

Baru-baru ini, saya dikejutkan dengan sebuah notifikasi di akun google+ saya, yang mana menjabarkan tentang pemberitahuan bahwa google+ akan dishutdown, atau dinonaktifkan pada bulan April, tepatnya tanggal 2 besok.

Saya pun sempat bertanya-tanya perihal kenapa, mengingat di Google+ itu sepertinya lancar jaya-lancar jaya saja kok, tidak ada masalah berarti. Sampai akhirnya, saya pun mencari-cari alasannya di google, dan disitu dijabarkan alasannya.

Sebenernya, ketika pada pemberitahuan tentang Google+ account is going away on April 2, 2019 kita bisa saja menekan tulisan learn more dan mempelajari alasan-alasannya di sana. Tapi, ya karena saya orangnya ribet, maka saya mencarinya di google langsung saja.

Alasan Kenapa Akun Google+ akan dinonaktifkan

Bug Membuat Google+ Dimatikan
Bug Penyebab Google akan Mematikan Google+

Dari apa yang dijabarkan oleh google, mereka bilang bahwa layanan media sosial google+ ini katanya memiliki suatu celah keamanan yang amat sangat sulit untuk diperbaiki, yang mana dapat mengakibatkan ratusan ribu atau mungkin jutaan data penggunanya teretas atau bocor kemana-mana.

Merasa bahwa itu merupakan tanggung jawab dari pihak google, maka mereka memutuskan untuk mematikan Google+ saja, daripada terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. 

Begitu kira-kira.

Dan hal yang harus menjadi catatan, Google+ ini akan dimatikan secara permanen loh ya, bukan dalam tenggang waktu tertentu. Oleh karena itu, untuk kalian-kalian semua yang mana pernah menyimpan data di google+ ada baiknya langsung di download saja data-datanya dan dibackup sebaik mungkin.

Apa yang Menyebabkan Google+ dimatikan?

Bug
Bug Mencuri Data-Data Akun Google+

Menurut apa yang dijabarkan oleh Wall Street Journal, kebocoran data-data pengguna google+ yang mencapai ratusan ribu itu disebabkan oleh API yang rusak, atau bisa dikatakan mengalami Bug. Nah, untuk mengambil jalan perbaikan, maka satu-satunya cara ya Google dengan amat sangat terpaksa harus mematikan Google+ ini.

Gitu.

Dijabaran, Bug API ini dapat memberikan sebuah akses pada pengembang aplikasi pihak ketiga untuk mengakses profil-profil maupun data pribadi si pengguna google+. Serem banget nggak tuh? Berdasarkan apa yang sudah dilihat, sudah ditemukan kira-kira 438 aplikasi yang sudah menggunakan API tersebut, dan tercatat ada sekitar 495.000 pengguna yang telah terpengaruh oleh Bug ini.

Hal yang sangat mengganggu dan cukup membuat bahwa pematian google+ ini dirasa tepat ya karena bukan hanya nama lengkap dan alamat email yang dapat bocor, melainkan data-datapenting lain seperti misal tanggal lahir, foto profil, tempat tinggal, status hubungan, pekerjaan, dan jenis kelamin ini pun bisa dibocorkan oleh Bug pengganggu tersebut.

Jelas bukan, betapa merugikannya Bug tersebut untuk pengguna Google+?

Apakah Mematikan Google+ Sekarang adalah Langkah Tepat?

Google+ Dimatikan
Google+ akan dinonaktifkan

Jika dikatakan bahwa mematikan Google+ merupakan hal yang tepat, mungkin kita bisa menjabarkan secara bijak bahwa memang itu merupakan langkah tepat. Namun hal yang menarik, permasalahan Bug ini sebenarnya telah terjadi pada tahun 2015 silam, namun Google baru sadar akan masalah tersebut pada tahun 2018.

Sayangnya, atas adanya masalah ini, Google merahasiakan masalah tersebut kepada publik, karena mereka merasa khawatir bahwa peristiwa ini akan sama peliknya dengan yang pernah terjadi oleh facebook dulu.

Namun, karena masalah ini sudah cukup menyebar dan ramai dibicarakan oleh banyak orang, antas Google pun memberikan sebuah statement atau alasan tentang kenapa mereka tidak mengungkap perihal masalah tersebut kepada pengguna Google+.

Dari alasan itu, mereka hanya bilang bahwa mereka tidak mendapatkan bukti tentang penyalahguaan dari sejumlah data-data yang bocor.

Namun, dari sudut pandang pribadi saya, tetap saja, data pribadi yang bocor itu amat sangat tidak mengenakkan.

Setelah Google+ Dimatikan, Lantas Apa yang Harus Dilakukan?

Backup Data Google+
Backup data-data di Google+-mu

Hanya tinggal sekitar 2 bulan lagi untuk kita bisa menikmati sosial media Google+ ini, sebelum nanti akan dihapus dan ditiadakan oleh google.

Maka, hal yang paling bijak untuk kita lakukan tentu adala mencari-cari dan mendownload data yang mungkin tersimpan dalam akun google+ tersebut.

Bagaimana caranya?

Ya silahkan untuk dilihat pada menu ini : Back Up Data Google+

Selanjutnya, yasudah, biasa sajalah. Masih ada banyak media sosial lain yang mungkin menyenangkan, dan bisa digunakan untuk menyebar link postingan blog bukan?

Hehe.

Komentar

  1. Saya pikir hanya karena sepi peminat jadi dimatikan. Ternyata ada kebocoran data juga. Trims infonya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya kira juga gitu mas, karena sepi peminat jadi harus dishutdown, jadi karena bug juga tho,

      saya jarang pakai G+, jadi sih aman-aman aja

      Hapus
    2. duh saya malah menjadi G+ ut login kemana2.

      Hapus
    3. Wahaha iyaaa, selain sepi, pun juga ada masalah pada kebocoran data Mas :)

      Hapus
  2. terimakasih mas, akhirnya saya dapat alesannya mengapa google+ akan di shutdown.

    BalasHapus
  3. Sangat disayangkan Google Plus dimatikan
    tapi feelingku bakal muncul gebrakan dari google yang lebih dari ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sih, Mas. Agak sayang saja gitu. Tapi, yah, biar aman deh ya.

      Nah, apa itu gebrakannya ya? Layak untuk dinantikan :D

      Hapus
  4. Katanya sih interaksi pengunjuungnya hanya sebentar gitu, wkwkwk ak menyadarinya sih :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahahaha interaksi pengunjung jugaaa menjadi masalahnya ya :D

      Hapus

Posting Komentar